Padang (UNP) – S3 Pendidikan Teknologi dan kejuruan Fakultas Teknik mendorong para mahasiswa S3 untuk meningkatkan produktivitas dalam menulis karya ilmiahnya di jurnal Internasional yang terindeks bereputasi serta membimbing para mahasiswa S3 dalam menulis karya ilmiah yang baik dan benar Menyikapi hal itu, S3 Pendidikan Teknologi dan kejuruan Fakultas Teknik  mengadakan kuliah umum dengan tema “Academic Writing and Publishing; Simple Tips and Strategies For Post Graduate Student”,  Narasumber adalah Mohd Nasrun bin Mohd Nawi Dosen school of Technology Management and Logistic, Universiti Utara Malaysia  pada Minggu, (27/11) melalui aplikasi zoom meeting.

“Topik ini sengaja kami pilih, karena memang penulisan artikel ilmiah itu gampang-gampang susah. Mudah bagi yang terbiasa menulis dan memiliki referensi yang memadai serta mampu menangkap isu-isu aktual untuk dituangkan dalam tulisan tapi yang tidak biasa menulis, rasanya menyiksa mulai dari substansi dari penulisan tersebut jadi ini bukan masalah yang mudah,” ujar    Prof Dr. Ambiyar, M.Pd. dalam sambutannya.

Ia menuturkan bahwa baik kampus negeri maupun swasta sama-sama memiliki kesulitan dalam menulis di jurnal yang bereputasi. Sehingga diperlukan suatu kiat-kiat atau tips bagi para mahasiswa S3 agar mampu menulis jurnal ilmiah yang baik dan benar.

Dalam pemaparannya Mohd Nasrun  banyak memberikan motivasi sebagai penyemangat kepada peserta beberapa tips-tips agar artikel bisa lolos dalam jurnal internasional terideks scopus. “Meskipun kemampuan menulis jurnal masih terbatas namun jangan bimbang dan rendah diri. 



Operator
Share: