Padang. Program Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan di bawah Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang (UNP) telah mendapatkan akreditasi internasional secara penuh tanpa syarat selama enam tahun oleh AGENCY for Quality Assurance by Accreditation of Study (AQAS), Jerman. Program S3 PTK ini telah divisitasi oleh panel of expert dari akreditasi AQAS yaitu Mr. Assoc Prof. Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd., Prof. Dr. Dietmar Frommberger, Univ.-Prof. Hon.-Prof. Dr. Reinhard Markowetz, Prof. Dr. Anja Seifert, Andrea Zoil, Martn Schleef dan Alexandre Wipf dan Patrict Heinzer sebagai koordinator Pada September 2022 lalu.

Akreditasi AQAS ini dilaksanakan dalam rangka menilai kekuatan program Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan untuk mendapatkan pengakuan di tingkat internasional. Ada delapan aspek penting yang dievaluasi melalui akreditasi CIOB ini, yaitu aspek tentang kecocokan program study dengan Pendidikan tinggi, kualitas kurikulum, penjaminan mutu, pembelajaran dan evaluasi, penerimaan mahasiswa, tenaga pendidik (dosen dan staff), sumber belajar dan laporan siswa serta informasi public.

Sementara itu, panel Akreditasi AQAS juga meninjau penelitian dan disertasi yang telah dan sedang dikerjakan oleh mahasiswa S3 PTK ini. Fasilitas di S3 PTK UNP pada khususnya, serta UNP pada umumnya juga merupakan aspek yang dinilai oleh kelompok panel akreditasi. Di antara fasilitas yang dinilai dan dievaluasi oleh Panel AQAS adalah ruang dan aula kuliah, laboratorium, lab praktik, dan perpustakaan universitas dan lain-lain. Pengakuan akreditasi program Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan telah menjadi pengakuan internasional, terutama terkait dengan kekuatan dan kualitas struktur kurikulum program dan staf di bawah FT UNP. Pengakuan tersebut membuktikan bahwa program ini mampu bersaing di tingkat internasional sehingga memenuhi keinginan UNP untuk mendapatkan pengakuan internasional sebagai institusi akademik yang berkualitas.(RizkiEma/S3 PTK)

 

 

 



 

 

Operator
Share: